Kenapa Harus Shalat Setiap Hari? Inilah Jawaban Simple Untuk Si Kecil.



Sahabat Dunia islam. Sempatkah kita mendengar anak kita mengeluh.

“Males dehh. Ngantuk nih. Mengapa mesti shalat semua. ”

“Hah? Satu hari lima kali? Ribet amaaat. ”

“Lagi tanggung nih. Bentaran deh. Telah level 29 gamenya

Atau mungkin dengan argumen argumen lain yang terasa shalat yaitu hal terberat yang perlu di kerjakan.

Oya, kebetulan di Sekolah saya ada lembaran mutabaah beribadah pekanan untuk siswa. Jadi lembar kertas mutabaah itu diberikan tiap-tiap Senin serta dihimpun lagi Senin depannya. Berisi? Berisi shalat lima saat : subuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya. Serta anak anak harus menuliskan apa yang dia lakukan jumlah shalat yang dia kerjakan. Contoh subuh 7x (hitungan sepekan). Demikian halnya shalat fardhu yang lain. Serta apa yang saya saksikan lalu akhirnya?

Tidak sering. Jaraaang sekali anak yang isi kolomnya dengan angka 7 dengan kata lain shalat fardhunya full. Umumnya dari anak-anak (kelas 4 SD murid saya) itu menulis angka 6 atau 5 bahkan juga ada yang 4 serta 3. Serta itu berarti ada beberapa anak yang shalatnya contoh isya cuma 3 kali sepekan. Atau 5 kali sepekan. See, masihlah ada bolong-bolongnya. Masihlah terlewati shalatnya. Masihlah belum fuuuul shalatnya. Haduh.

Salah siapa?

Janganlah sama-sama menyalahkan ah. Yuk kita mencari pemecahannya.

Apabila anak kita ajukan pertanyaan.

“Abi, Ummi. Mengapa sih kita mesti shalat sehari-hari. Iya. Sehari-hari? Apa tidak bosen? Tidak pegel? Males deh. ”

Nah. Kita sebagai orangtua. Waktunya saat yang pas untuk menerangkan pada anak mengapa sih kita harus shalat semua???

Mengapa Mesti Shalat Tiap-tiap Hari, Berikut jawaban kita sebagai orangtua pada si kecil terkasih.

1. Shalat itu yaitu pekerjaan kita sebagai muslim.

Teman dekat dunia islam. Kita dapat menerangkan dengan bhs yang simpel. Kalau shalat itu yaitu satu pekerjaan dari Allah untuk hambanya. Seperti si kecil mempunyai PR. Bila PRnya di lakukan. Jadi bakal di sukai guru, bakal dicintai guru serta sudah pasti bakal memperoleh nilai paling baik sesuai sama pelaksanaan tugasnya. Demikian halnya shalat. Lantaran shalat itu memanglah pekerjaan dari Tuhan kita, dari Allah. Jadi telah semestinya kita lakukan pekerjaan itu agar apa? Agar kita di sukai Allah, agar makin dicintai Allah serta sudah pasti. Agar kita nantinya memperoleh nilai paling baik dengan kata lain pahala paling baik saat tiba saat perhitungan amalan kita. Sure? Gampang ya menerangkannya.

2. Shalat yaitu bentuk dedikasi kita pada Allah.

Teman dekat Ummi, kita dapat menerangkan pada si kecil kalau kita sebagai hamba sudah pasti menginginkan mengabdi, menginginkan mensyukuri semua nikmat serta rejeki yang sudah diturunkan oleh Allah. Jadi, telah sepantasnya kita sebagai hambanya mengabdi pada Allah. Ikuti pekerjaan serta perintah dari Allah. Masa sich kita telah di berikanlah nikmat yang banyak, rejeki yang berlimpah. Eeh kitanya jadi lupa serta berpaling dari Allah. Tidak sopan banget kan? Maka dari itu supaya nikmat kita makin di lebih. Telah sewajibnya kita lakukan semua perintah-Nya. Mengabdi sepenuh hati cuma lantaran Allah serta untuk Allah. Heeeeii kita tidak ingin kan nikmat nikmat kta ditarik oleh Allah??? Ngeriii.

3. Shalat itu buat kita sehat loh.

Nah. Kenyataannya memanglah shalat berdasar pada riset ilmiah mempunyai semua keunggulan serta kesehatan untuk pelakunya. Kita dapat menerangkan pada anak kita kalau shalat berdasar pada riset ilmiah memanglah menyehatkan. Baik waktu rukuk, sujud, tahyat semua mempunyai faedah yang baik. Serta itu berarti shalat juga tidak sembarang ritual. Tidak sebatas berdiri, ruku, sujud. Serta usai. Tidak… namun intinya shalat mempunyai beberapa keunggulan apabila di praktekan bakal bikin badan kita sehat serta kuat. Mudah-mudahan anak kita gampang faham ya.

4. Shalat menyembuhkan kegelisahan.

Sahabat Ummi. Berikan juga pada anak kita kalau shalat dapat juga menentramkan, shalat dapat juga menyembuhkan kegelisahan. Telah sangat banyak manusia di muka bumi ini yang menunjukkan kalau waktu dia gelisah, kuatir serta terasa fikirannya tak tenang. Kerjakanlah whudu serta shalatlah…. jadi kita bakal rasakan atmosfer yang tidak sama pada sebelumnya serta setelah shalat. Mengapa??? Lantaran shalat itu menentramkan. Bukanlah jadi shalat jadi beban.

Kita dapat pula mengemukakan pada si kecil dengan bagian yang simpel. Kalau awalannya memanglah merasa berat bila belum punya kebiasaan. Namun bila telah punya kebiasaan?? Jadi waktu meninggalkan satu saat shalat saja terasa ada yang kurang, terasa kacau, terasa tak tenang. Serta kita sebagai orangtua lalu meneruskan ke beberapa narasi mungkin kita pernah meninggalkan shalat serta bikin hati kita jadi tak tenang serta lain sebagainya. Jadi si kecil bakal makin faham serta meyakini bila di lebih dengan cerita riil yang kita berikan.

5. Shalat mengajarkan kita kesabaran

Kita dapat juga menerangkan pada si kecil kalau. “Nak, shalat dapat juga melatih kesaraban kita loh. ”

“Kesabaran bagaimana tujuannya? ” Mungkin saja si kecil bakal ajukan pertanyaan.

Iya. Jadi shalat juga melatih kesabaran kita. Terkadang kita lagi maleees banget, ehh tiba saat shalat. Terkadang kita lagi cepat-cepat banget nih. Namun imam bacaanya lambat. Nah itu mengajarkan pada kita kalau shalat dapat juga melatih kesabaran kita. Masihlah ingat kan dengan satu pepatah yang cukup familiar kalau “orang sabar di sayang Tuhan. ” Serta kita dapat juga mengemukakan pada si kecil. Kalau faedah sabar itu saaaangat besar. Satu diantaranya bikin kita lebih tangguh dalam hadapi permasalahan hidup. Satu diantara langkah melatih kesabaran yaitu dengan shalat.

6. Shalat itu yaitu waktunya istirahat untuk golongan muslimin yang beriman.

Teman dekat dunia islam, sempatkah membaca buku Salim A Fillah? Disitu Ustadz Salim menuliskan lebih kurang begini.

“Shalat itu yaitu tempat istirahatnya orang orang mukmin serta orang orang yang senantiasa lakukan kebaikan-kebaikan. ” (minta maaf bila redaksinya kurang cocok)

Serta kita dapat mengemukakan pada si kecil. Kalau manusia memanglah sangat repot. Repot bekerja lah, repot mencari nafkah lah, repot menguber tujuan, repot bermain, repot kerjakan pekerjaan, repot masalah duniawinya untuk orang dewasa. Nah, sungguh hebat sekali ya Allah mengatur hambanya dengan suruhan untuk shalat. Lantaran beberapa saat shalat yaitu saat yang cocok untuk mengistirahatkan diri dari semua kelelahan dalam bekerja. (contoh saat shalat zuhur). Begitu prima sekali design perintah yang sudah Allah tetapkan ya? Keren.

7. Shalat itu memudahkan datangnya rejeki

Kita dapat juga menerangkan pada si Kecil kalau satu diantara keajaiban shalat yaitu, Allah bakal mempermudah dalam turunkan rejeki pada hambanya. Kita dapat berikan satu diantara contoh shalat duha yaitu shalat yang dapat mempermudah kita memprolah rizki yang diturunkan oleh Allah. Jadi, saat manusia manusia di landa kemiskinan serta kesulitan shalatlah, Allah bakal memudhkan rizki untuk orang yang selalu melindungi shalatnya. Serta kita tetaplah menerangkan juga di samping shalat mesti tetaplah ada ikhtiar yang pasti hehehehe.

8. Shalat juga membebaskan kita dari semua kesusahan serta persoalan.

Kita berikan pada si kecil. Begitu banyak beberapa cerita orang yang putus harapan dalam hadapi permasalahan hidup serta mereka memperoleh jalan keluar sesudah lakukan shalat yang kusyu. Kita dapat juga mengemukakan kalau banyak beberapa cerita riil (baik yang dihadapi oleh rekan kita, saudara kita atau bahkan juga kita sendiri) yang terasa terbantu, tercerahkan sesudah shalat serta pada akhirnya temukan jalan keluar saat kita ada permasalahan serta kesusahan.

Lantaran apa? Lantaran shalat yaitu do’a. Saat yang begitu pas untuk menumpahkan semua permasalah hidup kita. Sampaikanlah pada si kecil, namanya orang hidup telah dipasatikan bakal temukan beberapa masalah kehidupan. Baik permasalahan enteng, tengah, bahkan juga permasalahan yang rumit sekali. Baik permasalahan dengan rekan, saudara bahkan juga permasalahan dengan orangtua. Serta semuanya persoalan dapat di tangani satu diantaranya dengan shalat yang khusyu serta berdoa yang khusyu supaya semua bentuk persoalan di ringankan di dikerjakan. Yakinlah… Allah maha menderngar semua keluh kesah kita.

Diluar itu? Teman dekat dunia islam dapat juga memberikan kalau dengan shalat persoalan jadi gampang. Serta Dengan shalat hidup jadi barokah. Yang paling utama, kita sebagai orang-tua butuh berikan teladan untuk anak-anak dengan shalat 5 saat full. Sepakat?

sumber:ummi-online. com
Kenapa Harus Shalat Setiap Hari? Inilah Jawaban Simple Untuk Si Kecil. Kenapa Harus Shalat Setiap Hari? Inilah Jawaban Simple Untuk Si Kecil. Reviewed by Unknown on 22.56 Rating: 5